Home

Rabu, 03 Maret 2010

RTS(Real Time Strategy), apa sih itu???

Pada penulisan di blog saya kali ini, saya mendapat kesempatan untuk menuliskan tentang genre games yang bertajuk RTS(Real-Time Strategy).
Mungkin singkat saja untuk sejarah, karena RTS itu sendiri merupakan salah jenis genre games yang termasuk “rumit” bagi seseorang yang tidak memiliki bakat dalam mengatur suatu koloni atau pasukan, atau tidak memiliki keahlian lebih dalam mengetik dan menekan tombol pada keyboard+mouse.
Jadi menurut Wikipedia, RTS berawal dari games yang sudah berkembang modern pada masanya, sehingga pembuatnya juga masih memiliki kesulitan untuk memberikan nama genrenya, sampai pada games yang complex yang sudah menggunakan teknologi komputerisasi canggih, baru diberikan nama genre pada games yang dibuat oleh mereka dengan nama “Real-Time strategy”. Hal ini dimulai pada tahun 1989 dengan nama gamesnya adalah Sega genesis, dengan authornya adalah Herzog Huei, dan sampai sekarang masih dikembangan game yang semakin mempunyai fitur yang mendekati aslinya dan sangat kompleks.
Dan RTS-pun berkembang seiring dengan imajinasi pembuatnya, ada yang membuat games dengan unsur politik, perang, pembangunan, dan bahkan sampai pada diplomasi dan fiktif, yang bertujuan untuk membuat sang pemain tidak merasa bosan dan selalu tertantang dengan fitur yang ditawarkan oleh games tersebut, dimana dibuat senyata mungkin, atau bahkan sefiktif mungkin(tergantung selera dari gamers itu sendiri)
Pada genre RTS ini, gamers akan dihadapkan pada sistem permainan yang tidak mengenal giliran, sehingga, apabila ada 2 orang yang bermain secara LAN atau Online, maka 2 pemain tersebut akan bermain dengan waktu yang Real/Sebenarnya, sampai pada game tersebut Mulai dan berakhir.
Untuk genre game RTS ini memang tidak cukup populer dikalangan Gamers yang tidak suka berpikir panjang kedepan, seperti gamers yang gemar game arcade dan racing, karena pada genre ini dituntut keahlian gamers untuk mengontrol unit yang cukup banyak pada akhir permainan, karena biasanya game bergenre ini bisa disebut sebagai game tactical, yang membutuhkan ketepatan dan kecepatan pikiran+tangan sang gamers.
Mungkin untuk jenis gamesnya saya sebutkan dari versi tema dari gamenya, contoh:
- Peperangan jaman dahulu = Age of Empire, Stronghold
- Peperangan modern = Command & Conquers, Commandos 3: Destination Berlin
- Fantasi = Warcraft III, Lord of the ring:Battle of the middle earth
- Fiksi Ilmiah = Starwars, StarCraft, dll
Demikian penulisan saya, apabila ada kesalahan dalam penulisan, mohon maklum.. komennya ditunggu yah ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar