Home

Jumat, 20 Mei 2011

Kuis Softskill

Soal
Komputasi Modern

1. Apa yang kamu ketahui tentang komputasi modern ?
2. Jelaskan sejarah komputasi modern !
3. Sebutkan macam-macam komputasi modern !

Paralel Processing

4. Apa yang kamu ketahui tentang komputasi ?
5. Apa yang kamu ketahui tentang paralel processing ?
6. Jelaskan hubungan antara komputasi modern dengan paralel processing !

BioInformatika

7. Apa Itu BioInformatika?
8. Sub materi penting dalam bioinformatika dan biologi komputasi meliputi apa?


Jawaban ::


Komputasi Modern 

1. Apa yang kamu ketahui tentang komputasi modern ?

Komputasi Modern terdiri dari 2 buah kata, yaitu: komputasi dan modern. Arti komputasi sendiri adalah cara untuk menemukan pemecahan permasalahan dari data input dengan suatu algoritma. Sedangkan arti kata modern adalah adalah segala sesuatu yang bersangkutan dengan kehidupan masa kini. Jadi Komputasi Modern adalah Komputasi yang menggunakan komputer untuk memecahkan suatu masalah komputasi.
Perhitungan komputasi modern meliputi:
a. Akurasi (bit, floating point),
b. Kecepatan (dalam satuanHz),
c. Problem volume besar (paralel),
d. Modeling (NN dan GA), dan
e. Kompleksitas (menggunakan Teori Big O).



Penggagas komputasi modern yang terkenal adalah John von Neumann(1903-1957), seorang ilmuwan yang meletakkan dasar-dasar komputer modern. Beliau telah menjadi ilmuwan besar abad 21 karena karya-karyanya dalam bidang matematika, teori kuantum, game theory, fisika nuklir, dan ilmu komputer, serta merupakan salah seorang ilmuwan yang sangat berpengaruh dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II.

2. Jelaskan sejarah komputasi modern !

Pada paruh pertama abad 20, banyak kebutuhan komputasi ilmiah bertemu dengan semakin canggih komputer analog, yang menggunakan mekanis atau listrik langsung model masalah sebagai dasar perhitungan. Namun, ini tidak dapat diprogram dan umumnya tidak memiliki fleksibilitas dan keakuratan komputer digital modern.

Lalu Muncullah Salah satu tokoh yang sangat mempengaruhi perkembangan komputasi modern adalah John von Neumann (1903-1957), Beliau adalah ilmuan yang meletakkan dasar-dasar komputer modern. Von Neumann telah menjadi ilmuwan besar abad 21. Von Neumann memberikan berbagai sumbangsih dalam bidang matematika, teori kuantum, game theory, fisika nuklir, dan ilmu komputer yang di salurkan melalui karya-karyanya . Beliau juga merupakan salah satu ilmuwan yang terkait dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II lalu. Kegeniusannya dalam matematika telah terlihat semenjak kecil dengan mampu melakukan pembagian bilangan delapan digit (angka) di dalam kepalanya.

Von Neumann sangat tertarik pada hidrodinamika dan kesulitan penyelesaian persamaan diferensial parsial nonlinier yang digunakan, Von Neumann kemudian beralih dalam bidang komputasi. Von Neumann menjadi seorang konsultan pada pengembangan komputer ENIAC, dia merancang konsep arsitektur komputer yang masih dipakai sampai sekarang. Arsitektur Von Nuemann adalah seperangkat komputer dengan program yang tersimpan (program dan data disimpan pada memori) dengan pengendali pusat, I/O, dan memori.

Secara kasar, kita dapat membagi sejarah komputasi modern ke dalam era berikut:
- 1970-an: Timesharing (1 komputer dengan banyak pengguna)
- 1980-an: Personal komputer (1 komputer per user)
- 1990-an: Komputasi paralel (banyak komputer per user)

Sampai sekitar tahun 1980, komputer besar, mahal, dan terletak di pusat-pusat komputer.
Kebanyakan organisasi memiliki satu mesin besar.
Tahun 1980-an, harga turun ke titik di mana setiap user bisa memiliki-nya komputer pribadi atau workstation. Mesin-mesin ini sering jaringan bersama-sama, sehingga pengguna dapat melakukan remote login pada komputer orang lain atau berbagi file dalam berbagai cara.
Dewasa ini beberapa sistem memiliki banyak prosesor per pengguna, baik dalam bentuk komputer paralel atau koleksi besar CPU yang dibagi oleh komunitas pengguna yang kecil. Seperti biasanya disebut sistem p a r a l l e l atau terdistribusi sistem komputer.

Perkembangan ini menimbulkan pertanyaan tentang jenis perangkat lunak apa yang akan dibutuhkan untuk sistem baru ini. Untuk menjawab pertanyaan ini, sebuah kelompok di bawah arahan Prof Andrew S. Tanenbaum pada Vrije Universiteit (VU) di Amsterdam (Belanda) telah melakukan penelitian sejak tahun 1980 di bidang sistem komputer terdistribusi.

3. Sebutkan macam-macam komputasi modern !
 1. Mobile computing
 2. Grid computing
 3. Cloud computing


Paralel Processing 

4. Apa yang kamu ketahui tentang komputasi ?

Komputasi dapat diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan permasalahan dari data input dengan suatu algoritma. Setelah kita mengetahui pengertian dari komputasi, selanjutnya pengertian dari pemrosesan paralel.


5. Apa yang kamu ketahui tentang paralel processing ?


Pemrosesan paralel (parallel processing) adalah penggunakan lebih dari satu CPU untuk menjalankan sebuah program secara simultan. Idealnya, parallel processing membuat program berjalan lebih cepat karena semakin banyak CPU yang digunakan. Tetapi dalam praktek, seringkali sulit membagi program sehingga dapat dieksekusi oleh CPU yang berbeda-beda tanpa berkaitan di antaranya.

Jadi, komputasi paralel adalah salah satu teknik melakukan komputasi secara bersamaan dengan memanfaatkan beberapa komputer secara bersamaan. Biasanya diperlukan saat kapasitas yang diperlukan sangat besar, baik karena harus mengolah data dalam jumlah besar ataupun karena tuntutan proses komputasi yang banyak.

6. Jelaskan hubungan antara komputasi modern dengan paralel processing !

Karena kinerja komputasi dengan menggunakan paralel processing itu menggunakan dan memanfaatkan beberapa komputer atau CPU untuk menemukan suatu pemecahan masalah dari masalah yang ada. Sehingga dapat diselesaikan dengan cepat daripada menggunakan satu komputer saja. Komputasi dengan paralel processing akan menggabungkan beberapa CPU, dan membagi-bagi tugas untuk masing-masing CPU tersebut. Jadi, satu masalah terbagi-bagi penyelesaiannya.

Model Pemrosesan Paralel dibuat berdasarkan alur instruksi dan alur data yang digunakan:
  • SISD Single Instruction Single Datapath, ini prosesor tunggal, yang bukan paralel.
  • SIMD Single Instruction Multiple Datapath, alur instruksi yang sama dijalankan terhadap banyak alur data yang berbeda.
  • MIMD Multiple Instruction Multiple Datapath, alur instruksinya banyak, alur datanya juga banyak, tapi masing-masing bisa berinteraksi.
  • MISD Multiple Instruction Single Datapath, alur instruksinya banyak tapi beroperasi pada data yang sama.
Dari uraian diatas dapat saya simpulkan bahwa, kinerja dari komputasi dengan paralel processing adalah lebih baik dan lebih cepat dan merupakan suatu komputasi modern.

BioInformatika


7. Apa Itu BioInformatika?

Bioinformatika

Yaitu bidang ilmu di mana biologi, ilmu komputer, dan teknologi informasi bergabung untuk membentuk materi tunggal. Tujuan utama bidang ini adalah untuk memungkinkan penemuan wawasan biologi baru serta untuk menciptakan perspektif global dimana prinsip-prinsip pemersatu dalam biologi dapat dilihat.Pada awal "revolusi genom", yang menjadi perhatian dalam bioinformatika adalah penciptaan dan pemeliharaan database untuk menyimpan informasi biologis, seperti sekuens asam amino dan nukleotida.

8. Sub materi penting dalam bioinformatika dan biologi komputasi meliputi apa?
  • Pengembangan dan penerapan alat yang memungkinkan akses yang efisien terhadap, dan penggunaan dan pengelolaan, berbagai jenis informasi
  • Pengembangan algoritma baru (rumus matematika) dan statistik yang dapat digunakan untuk menilai hubungan-hubungan di antara anggota kumpulan data besar, seperti metode untuk menemukan gen dalam suatu urutan, meramalkan struktur protein dan / atau fungsi, dan protein urutan cluster ke dalam keluarga yang terkait urutan.

1 komentar: